beberapa kali ditanya tentang cara efektif mengatasi cemas?

 


1. Prioritaskan pekerjaan

Biasakan untuk mengerjakan pekerjaan yang penting lebih dulu. Dengan begitu, waktu kamu akan tertata secara efektif dan efisien.

2. Tetap fokus

Kamu pasti setuju kalau fokus merupakan kunci utama. Meskipun tengah dilanda banyak tugas, cobalah untuk tetap fokus. Dengan begitu, tugas mu akan terselesaikan dengan baik dalam waktu lebih cepat.

3. Disiplin Waktu

Coba untuk disiplin terhadap waktu yang kamu miliki dan tidak menunda-nunda pekerjaan. Sikap tidak disiplin inilah yang membuat pekerjaan semakin lama semakin menumpuk dan tidak segera terselesaikan.

Setiap tanggung jawab yang di berikan di selesaikan , seperti tugas kuliah atau sekolah, sehingga menjadi disiplin dan kebisaan.

4. Jangan Kebanyakan Berpikir

Terlalu banyak berfikir dan menyusun rencana tanpa langkah realistis sama saja menghabiskan waktu sia-sia. Mulailah bergerak untuk menyelsaikan pekerjaanmu.

5. Jaga Kesehatan

Menyelesaikan pekerjaan yang begitu banyak akan membuatmu kelelahan. Oleh sebab itu, jaga kesehatan agar tidak mudah sakit dan semua pekerjaan akan terselesai.

Bangun pagi sangat bermanfaat terhadap aktivitas setiap harinya. Memulai tiap hari dengan bangun pagi jika dilakukan terus menerus akan memberi pengaruh terhadap pola hidup. Mulai dari kesehatan mental dan fisik.

Makan makanan yang sehat, menghindari makanan cepat saji. karena kesehatan merupakan investasi buat masa depan.

6. Fokus hanya pada saat ini

Fokuslah terhadap apa yang di hadapi hari ini. Jangan Memikirkan hal yang belum tentu akan terjadi, hal-hal tidak penting yang justru memperparah kecemasan.

7. Berlatih Berpikir Positif

Berlatih untuk berfikir positif terhadap hal yang di hadapi. Selalu ada hal baik yang akan terjadi jika mengahadapinya dengan pikiran yang tenang.

8. Tetap sibuk

Semakin banyak melakukan kegiatan akan membuat lupa terhadap hal-hal yang tidak penting yang dapat menganggu hidup. Hanya memikirikan di waktu tertentu tanpa harus memikirkan sepanjang waktu.



9. hidup lebih hemat

a. Terapkan sistem 50, 30, 20

Pisahkan sebanyak 50 persen dari penghasilanmu untuk keperluan tempat tinggal dan cicilan yang kamu miliki. Sementara 30 persen untuk keperluan pribadi, seperti makan dan jajan. Sedangkan 20 persen untuk investasi dan tabungan.

b. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Dahulukan antara kebutuhan dibandingkan keinginan. Jika ingin hidup lebih hemat, maka kamu harus tahu betul antara apa yang kamu butuhkan dan apa yang kamu inginkan

c. utamakan kualitas

Biasanya barang-barang dengan kualitas yang baik cenderung mahal, namun memiliki kualitas awet dan tahan lama. Jika memang kamu ingin lebih hemat, belilah barang yang berkualitas.

10. Hindari kartu kredit

HIndari untuk menggunakan kartu kredit jika belum memiliki penghasilan tetap. Lebih baik untuk menabung terlebih dahulu dan bayar dengan uang tunai.

11. Selalu bawa uang secukupnya

Membawa uang lebih banyak memang membuat kamu berbelanja dengan lebih nyaman. Namun membawa uang secukupnya akan menghindari kamu untuk berbelanja secara berlebihan.

12. cintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri itu lebih sulit dibandingkan mencintai orang lain. Ikuti beberapa cara ini untuk mencintai diri sendiri dengan cara sederhana.

13. Penuhi kebutuhan diri sendiri dengan baik

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk bersahabat dengan diri sendiri ialah dengan memerhatikan kebutuhan fisik, rohani, psikis, dan mental. Pastikan semua kebutuhan ini dipenuhi dengan cara-cara yang sehat.

14. Sediakan waktu untuk diri sendiri

Coba luangkan waktu untuk melakukan hal yang kamu sukai. Bila perlu, perioritaskan aktivitas yang membuat kamu senang dan bahagia setiap harinya.

15. Membersihkan rumah atau kamar

Tahukah kamu, rumah yang bersih dan tertata rapi bisa memberikan suasana baru sehingga kamu lebih semangat. Kamu pun bisa mengurangi kecemasan atau bahkan menemukan inspirasi baru untuk diri sendiri.

16. Meluapkan isi hati

Meluapkan isi hati bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan emosi yang terpendam dalam diri. Kamu bisa meluapkan isi hati dengan menulis di buku harian ataupun bercerita pada teman.

17. Mengelilingi diri dengan orang-orang positif

Salah satu cara untuk mencintai diri sendiri yakni dengan berada di antara orang-orang yang positif dan menyayangi kamu dengan sepenuh hati. Berkumpul dengan orang-orang yang positif bisa membawa suasana dan kebiasaan yang positif pula.