Kesimpulan

  1. untuk absensi masih menggunakan titik lokasi semula
  2. tidak ada akses hapus pada titik semula
  3. meski telah ditambah lokasi baru, namun belum maksimal, masih tercatat di lokasi lain

Selasa 20 Juni 2023, disaat jam absen pulang, mendadak mendapatkan puluhan nomor baru, serentak bersamaan berselang beberapa menit. Ditambah jam saat absen pagi hari, nomor baru bermunculan ibarat jamur di musim hujan.

Semua berkaitan tidak bisa melakukan pencatatan kehadiran melalui aplikasi online pada pagi hari, terlebih di sore hari pada jam pulang.

Adalah titik lokasi berubah tanpa ada informasi sebelumnya, jabatan tertentu kategori aktifitas kerja di luar tempat tugas sebelumnya memiliki lintas akses, dimanapun dapat melakukan pencatatan kehadiran, tidak terkunci pada satu titik lokasi.

Setting titik lokasi

Hasil koordinasi dan diskusi dengan pihak terkait melalui grup telegram, didapat informasi, memang benar adanya bahwa jabatan tertentu tidak lagi diberikan akses lintas batas, melainkan harus ditentukan titik lokasi utama.

Penentuan titik lokasi masih dilakukan secara manual, melakukan re-setting (pengaturan ulang) satu per satu melalui nomor identitas unik setiap pegawai.

Mengingat area tugas tidak sama sehingga setiap pegawai memilik titik lokasi berbeda-beda, tidak secara masal dilakukan pengaturan ulang hanya berdasarkan jabatan serupa.

Tahapan Yang Dilakukan

  1. Menunggu informasi dari pegawai yang bersangkutan, berisi Nomor identitasi unik, nama, titik lokasi yang dikehendaki
  2. Membuka aplikasi 1, untuk dilakukan validasi data diri
  3. Membuka aplikasi 2, untuk dilakukan pengaturan titik lokasi baru
  4. Membuka file berisi data titik lokasi
  5. Memberikan informasi bahwa pengaturan titik lokasi telah selesai
  6. Memberikan edukasi bahwa perubahan titik lokasi baru, memerlukan waktu setelah pukul 00.00 atau 24 jam maksimal

Kendala yang dihadapi

Melakukan setting ulang titik lokasi tidak bersifat realtime (langsung berubah saat itu juga) melainkan memerlukan waktu maksimal 24 jam, dapat juga lebih. Meski demikian, peluang gagal pun tetep ada.

Disisi lain, terbentur dengan kewajiban melakukan pencatatan kehadiran setiap pagi dan sore hari menjelang pulang.

Banyak yang belum tahu

Banyak yang belum tahu adanya perubahan titik lokasi, mengira dapat melakukan absensi dari tempat dimana mereka berada dalam tugas tanpa harus kembali ke titik lokasi semula, ternyata tidak bisa melakukan absensi ke titik lokasi semula. Ada yang mengikuti petunjuk untuk kembali ke lokasi semula, ada juga yang memilih menggunakna pengaduan tidak bisa absen, atas pertimbangan waktu, jarak, yang tidak memungkinkan kembali ke titik asal.

simak juga

perjuangan mengejar absen tepat waktu