Pesan Moral

1. pengaduan ketidakhadiranagar oleh diri sendiri

2. jangan menyuruh orang lain

3. kehadiran adalah tanggungjawab individu pegawai

4. jangan bebankan tanggungjawab individu ke pegawai lain

5. beban orang lain sudah terlalu banyak, jangan ditambah lagi oleh bebanmu

6. duit UM dan Tukin kamu yang menerima, masa sih beban yang rumit-rumit dibebankan ke orang lain, jangan tega-tega amat sih



Nitip kok absen, Duit aja sih

Fenomena nitip absen, nitip cetak, nyuruh absen, nyuruh netak, numpang absen, numpang nyetak, nyuru orang lain bikin ajuan karena ybs lupa absen.

Kadangkala galakan yang nyuruh daripada yang dirusuh, kadang juga disertai ancaman dan intimidasi, intervensi.


Sama-sama bawahan jangan saling suruh dong

Kalau yang nyuruh adalah atasan langsung, mungkin masih ada maklumnya, meski kemakluman tersebut tidak dibenarkan. Sesama patner kerja, sesama rekan kerja malah nyuruh hal yang diluar tupoksi, nyuruh untuk hal yang semestinya tanggungjawab individu.


Tanggungjawab personal

Kehadiran dan seperangkatnya adalah kewajiban dan tanggugnjawab personal setiap pegawai, malah dibebankan kepada orang lain.

Tidak bisa IT, tidak ngerti teknologi, tidak paham hp, tidak ngerti urusan aplikasi, faktor usia, dan lain sebangsanya adalah alibi pembenaran untuk melimpabhkan beban dan tanggungjenab ke orang lain.


Mendadak plonga plongo

Yang hermannya, mengaku tidak mengerti banyak hal tapi giliran duit auto paham, paling terdepan peka. Giliran absensi, lupa absen, telat hadir, dinas luar, mendadak plonga plongo.